Kisah Terpecahnya Pulau-Pulau di Indonesia, Bahkan Kini Ada yang Jadi Negara Maju

Peta negara Indonesia (istimewa)
Peta negara Indonesia (istimewa)

PONOROGOTIMES, MALANG – Setelah Merdeka pada tahun 1945 hingga saat ini jumlah provinsi di Indonesia sangat banyak, tersebar mulai dari Pulau Sumatra hingga ke ujung Papua.

Namun taukah kalian sebelum seperti saat ini rupanya ada beberapa negara yang awalnya merupakan bagian dari Indonesia.

Nah berikut ini ada beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia.

1. Timor Leste

Sebelum Republik Demokratik Timor Leste atau yang akrab dengan nama Timor Leste, Merdeka pada 20 Mei 2002. Negara ini merupakan bagian dari Indonesia.

Saat masih menjadi bagian dari Negara Indonesia, daerah ini di kenal dengan nama Timoer Timur. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Timoer Barat yang menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Timoer Timur memang bukan negara asli milik Indonesia, kala itu karena krisis politik yang berkepanjangan dan desakan dari Pemerintah Australia menyebabkan Presiden Soeharto memutuskan untuk menyerang Timoer Timur pada tahun 1975. Dan memasukkan wilayah Timoer Timur menjadi provinsi ke 27.

Namun integrasi wilayah Timoer Timur tidak mendapat dukungan dari dunia. Banyaknya kelompok pro kemerdekaan yang memicu berbagai macam konflik. Hal itu menjadi alasan kuat mengapa di saat itu pada tahun 1999 Presiden BJ Habibie memutuskan untuk melakukan referendum.

Alhasil daerah inipun terlepas dari Indonesia, dan mengubah namanya menjadi Timor Leste.

2. Brunei Darussalam

Buat kalian yang belum tahu negara Brunei Darussalam, itu juga pernah menjadi bagian dari Indonesia.

Catatan-catatan dari Tiongkok dan Arab menunjukkan bahwa kesultanan Brunei mungkin telah ada sejak abad ke 7 atau 8 Masehi.

Bahkan tadinya kesembilan wilayah Darussalam dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya, bahkan saat itu meluaskan kekuasaannya hingga ke Kalimantan Utara.

Namun kekuasaan tersebut harus jatuh ke kekuasaan Majapahit bersama Patih Gajah Mada.

Karena ambisinya untuk melaksanakan sumpah, meski beberapa kali jatuh ke tangan kekuasaan kerajaan lain. Namun akhirmya negeri ladang minyak ini menjadi Negara yang merdeka pada 1 Januari tahun 1984.

3. Malaysia

Sebelum menjadi negara tetangga, Malaysia rupanya juga pernah menjadi bagian dari Indonesia.

Maka tidak heran, mulai dari fisik, bahasa dan makanan juga tidak jauh beda dari yang dimiliki Indonesia.

Buat yang baru pertama kali melihat Siti Nurhaliza mungkin menyangka kalau Siti ini berasal dari negara Indonesia namun kenyataannya bukan.

Sejarahnya Malaysia dulu sempat di kuasai oleh Kerajaan Sriwijaya pada abad ke 8 sama seperti Brunei Darussalam, Malaysia yang juga sempat dikuasai oleh kerajaan Majapahit di atas perintah Patih Gajah Mada.

Namun seiring berjalannya waktu daerah kekuasaan Majapahit semakin mengecil dan beralih menjadi daerah jajahan Belanda, namun karena dulunya ini adalah daerah pinggir Indonesia dan tidak terurus oleh Pemerintah Belanda.

Akhirnya diberikan kepada Pemerintah Inggris, nah dari tangan pemerintahan Inggris lah negara Malaysia merdeka dan resmi mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus 1957.

4. Singapura

Yang sering jalan-jalan ke Singapura tahu tidak kalau negara yang mempunyai julukan Negeri Singa ini pernah juga menjadi bagian dari Indonesia.

Pada masa lampau Singapura merupakan pos luar kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan diberi nama Temasek yang dalam bahasa Jawa Berarti Kota Laut.

Wilayah ini tadinya tidak terlalu mendapat banyak perhatian karena tidak memiliki kekayaan alam yang banyak.

Namun menurut buku Negara Kertagama karya Empu Prapanca menyebutkan kalau Temasek alias Singapura juga pernah menjadi wilayah kekuasaan Majapahit.

Dan menempatkan Adityawarman sebagai Panglima Militer kala itu. Dan setelah berkali-kali perpindah tangan kekuasaan pada 9 Agustus 1965, Singapura resmi memperoleh kemerdekaan.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]ponorogotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]ponorogotimes.com | marketing[at]ponorogotimes.com
Top