Deretan Rumah Unik di Dunia, Bentuknya di Luar Dugaan Lho

Salah satu bentuk rumah unik biola dan piano. (Foto: Istimewa)
Salah satu bentuk rumah unik biola dan piano. (Foto: Istimewa)

PONOROGOTIMES, MALANG – Memiliki sebuah rumah dengan desain yang menarik tentu menjadi keinginan setiap orang. Tak hanya sebagai tempat bernaung, tapi sebuah rumah juga dimaknai sebagai identitas pemiliknya.

Tak ayal, sebagian orang kemudian memilih keluar jalur untuk membangun rumah dengan desain unik dan tak biasa. Tidak  harus mewah, tapi rumah sederhana yang didesain dengan bentuk yang berbeda daripada rumah pada umumnya di sekitar Anda.

Bahkan, karena desain yang di luar dugaan ini, rumah-rumah ini menjadi tempat wisata untuk dinikmati traveler. Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan rumah unik di dunia yang juga bisa Anda jadikan inspirasi membangun rumah impianmu di masa depan lho.

1. Rumah Sepatu



Sebuah rumah berbentuk sepatu bot tua raksasa ini berada di Hallem, Pennsylvania, Amerika Serikat. Rumah yang satu ini sudah berdiri sejak 1948.

Colonel Mahlon Nathaniel membangun rumah tersebut lantaran terinspirasi dari sepatu bot tua miliknya. Tapi, tidak  cuma luarnya  yang berbentuk sepatu. Isi dalam rumahnya juga dipenuhi furnitur pendamping bertema sepatu.

Ada desain jendela dengan ornamen sepatu. Kandang anjing, kotak pos, hingga pagarnya pun berbentuk sepatu.

2. Rumah Tempurung Keong



Meski berbentuk tempurung keong, rumah yang dominan dengan cat putih dan kaca-kaca di Meksiko ini terbilang mewah lho. Rumah yang dimiliki Javier Senosiain tersebut hadir dengan tiga tingkat dengan kaca warna-warni.

Menariknya, hiasan kaca ini akan memantulkan cahaya pelangi saat terkena bias matahari. Rumah keoang yang desain arsitek Arquitectura Organica ini terinspirasi dari karya Gaudi dan Frank Lioyd Wright.

3. Rumah Biola dan Piano
 


Berbentuk biola dan piano raksasa, rumah unik ini berada di Kofa Huainan, China. Berhias kaca-kaca indah, rumah ini menggunakan tiga kaki beton sebagai penyanggahnya dan memiliki teras di atapnya.

Dibuat pada tahun 2007 silam oleh seorang mahasiswa arsitektur di Hefei University of Technology, biola transparan berbahan kaca di depan digunakan sebagai pintu masuknya. Dinding-dindingnya juga terbuat dari kaca, menjadikan rumah ini semakin cantik ya.

4. Heliodome
 


Dari luar, rumah yang satu ini tampak seperti parabola. Tapi, ternyata rumah unik Heliodom di Prancis ini memiliki banyak keistimewaan.

Ya, rumah ini mampu menghemat energi yang dilengkapi panel surya di seluruh permukaannya. Karena itu, rumah unik ini akan tetap dingin saat musim panas dan sebaliknya akan menghangat di musim dingin.

5. Rumah Terkecil Seluas 1 Meter Persegi
 


Rumah karya arsitek Van Bo Le-Mentzal ini menjadi yang terkecil karena hanya seluas 1 meter persegi saja. Rumah ini memiliki berat 45 kg dan dikenal dengan sebutan One Sqm House.

Rumah kecil ini cukup ringan untuk dibawa-bawa dan menyediakan ruang untuk duduk.  Anda yang hobi travelling dan tak ingin jauh-jauh dari area wisata bisa banget bawa rumah ini ya. Apalagi desainnya memiliki roda yang bisa di dorong-dorong.

Meski kecil, rumah tersebut tetap memiliki pintu, jendela dan kursi. Jika ingin tidur di dalamnya, penghuni hanya perlu memiringkan 90 derajat rumahnya.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]ponorogotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]ponorogotimes.com | marketing[at]ponorogotimes.com
Top